Latest News

Jemaah Haji Ditolak Masuk Makkah Sebab Visa

Jamaah ditolak masuk, Pada musim haji tahun ini masih ada saja jemaah haji yang kembali mengalami hambatan dengan masalah visa. Mereka tidak mendapatkan izin untuk masuk Makkah karena tidak memiliki visa haji. Jumlahnya ada sekitar 400 ribu Jemaah haji. “Ada sekitar 400 ribu Jemaah haji tanpa memiliki izin (visa) haji dan sebanyak 208.236 kendaraan yang membawa telah dikirim kembali ke titik masuk Makkah,” jelas Kolonel Sami Al-Shuwairekh, yang merupakan Direktur Humas dan Departemen Media di Keamanan Umum Saudi Arabia, Makkah.

Jamaah Haji Ditolak Masuk Makkah Sebab Visa

Dari perkiraan 400 ribu Jemaah ditolak masuk sebab visa, ada sekitar 1.841 orang jemaah yang pada akhirnya dikembalikan masuk ke Makkah. Namun, mereka itu dikenai hukuman pidana. Sedangkan, 200 ribu Jemaah haji lainnya ditolak karena merupakan Jemaah domestik dan sekitar 1.734 juta ialah orang Jemaah asing.

Dari Juru bicara Kementerian Kesehatan Saudi Arabia yakni Mishal Al-Robaian, Ia menjelaskan bahwa tidak ada epidemic termasuk kolera yang dilaporkan diantara 400 ribu Jemaah ditolah masuk tanpa menggunakan visa haji tersebut. Oleh sebab itu, sudah dipastikan bahwa para Jemaah haji tersebut bebas dari penyakit menular.

Sedangkan, melihat sisi lain, Kolonel Abdullah Al-Harthy, yang merupakan juru bicara Pertahanan Sipil, memaparkan bahwa untuk sejauh ini tidak ada laporan mengenai soal kecelakaan diantara para Jemaah haji tersebut meski ada ribuan jemaah bahkan sampai puluhan ribu bus yang digunakan oleh para Jemaah haji tanpa visa tersebut untuk dapat mengangkut mereka dari Makkah ke Mina serta dari Madinah ke Makkah.

Kemudian, untuk Jemaah haji yang berasal dari Indonesia bisa bernafas lega karena seperti yang sudah dikatakan oleh Kementrian Agama Juli kemarin bahwa Kemenag sangat optimis sekali bahwa visa Jemaah haji Indonesia pada tahun 2017 ini aman.

“Sepertinya kalau kita melihat posisi sekarang ini mengenai visa haji insya Allah kita aman, karena kita sudah benar-benar melakukan yang terbaik dan selalu mengantisipasi agar jangan sampai kemudian terjadi masalah mengenai urusan visa” terang Nur Syam, Sekjen Kemenag, usai melepas petugas Jemaah haji di Asrama haji.

0 Response to "Jemaah Haji Ditolak Masuk Makkah Sebab Visa"