Latest News

Visa Siap Dicetak Pada Akhir Pekan Ini

Visa siap dicetak, Direktur Pengelola Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu Kementerian Agama (Kemenag) yakni Ramadhan Harisman memaparkan, bahwa visa calon jamaah haji Indonesia masih dalam proses finalisasi yang sedang diupayakan akan tercetak semuanya dalam waktu sepekan menjelang keberangkatan gelombang pertama. Visa calon jamaah haji Dalam waktu dua hari ke depan baru akan dimulai pencetakkan.

Visa Siap Dicetak Pada Akhir Pekan Ini

"Untuk sementara, pada saat ini masih dalam proses finalisasi. Hanya baru diperkirakan dalam waktu dua hari ke depan visa siap dicetak," ujarnya.

Pada musim haji tahun ini, Pihak dari pemerintah Arab Saudi telah mengembalikan seluruh  kuota normal jamaah haji Indonesia dari yang sebelumnya berjumlah 168.800 menjadi 211.000 orang. Ramadhan menjelaskan, dalam pengurusan paspor sebanyak 211.000 calon jamaah haji Indonesia tersebut tidak ada masalah. Bahkan, hingga saat ini sudah mencapai 70 persen paspor calon jamaah haji Indonesia yang sudah dikirim ke Jakarta dari daerahnya masing-masing untuk proses pengurusan visa. Pada pekan akhir ini visa siap dicetak.

Dia mengungkapkan, pada masa dalam pengurusan visa calon jamaah haji Indonesia, sebenarnya dari pihaknya telah mempersiapkan seluruh kebutuhannya sejak bulan Ramadhan yang lalu. "Disebabkan, karena untuk pengurusan visa calon jamaah haji ini kan harus dilengkapi semua layanan kebutuhan yang lainnya. Semuanya itu sudah kami lengkapi sejak pada bulan Juni lalu," paparnya.

Namun, dirinya menambahkan, bahwa saat ini Pemerintah Arab Saudi baru saja membuka layanan "e-Hajj", layanan tersebut untuk pengurusan visa sejak beberapa hari yang lalu. Oleh sebab itu, pada saat ini baru bisa kami proses finalisasi pengurusan visa jamaah haji Indonesia di tahun ini," tuturnya.

Dia juga memastikan dalam dua hari ke depan sudah bisa di mulai tahap pencetakan visa. "Kami akan selalu mengupayakan dapat memproses pencetakkan dengan cepat. Minimal tujuh hari sebelum keberangkatan perdana gelombang pertama visa calon jamaah haji Indonesia harus sudah tercetak seluruhnya," harapnya.

Sedangkan untuk keberangkatan calon jamaah haji Indonesia dari tiap embarkasi dibagi dalam dua gelombang. Ramadhan memberikan contoh, untuk gelombang pertama keberangkatannya dari Embarkasi Surabaya yang terbagi dalam 43 kelompok terbang (kloter) dan baru akan dimulai pada 28 Juni hingga 12 Juli. Selanjutnya dengan Kloter 44 hingga 83, merupakan gelombang kedua keberangkatan dari Embarkasi Surabaya, yang akan dimulai pada tanggal 12 hingga terakhir 26 Agustus.

0 Response to "Visa Siap Dicetak Pada Akhir Pekan Ini"