Latest News

Pengurusan Paspor Lebih Mudah Via Whatsapp

Pengurusan paspor lebih mudah, Kantor Imigrasi asal Bogor, Jawa Barat, telah meluncurkan Layanan Antarean Paspor dengan menggunakan aplikasi percakapan, Whatsapp. Layanan ini akan memberikan kepastian waktu bagi para pemohon untuk terlayani tanpa harus antre panjang. “Terhitung sejak Senin kemarin, bagi pemohon paspor sudah dapat mendaftarkan dirinya via Whatsapp,” Jelas Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bogor yakni Herman Lukman.

Pengurusan Paspor Lebih Mudah Via Whatsapp

Herman mengatakan, bahwa dalam pengurusan paspor lebih mudah via whatsapp. Dimana layanan ini secara serentak telah diluncurkan di 26 kantor imigrasi yang ada di wilayah Indonesia, masing-masing kantor imigrasi yang sudah memiliki pemohon paspor ada sebanayak 150 dalam per hari, seperti Jabodetabek, Yogyakarta, dan Jawa Tengah. Ia mengungkapkan bahwa layanan antrean paspor lewat Whatsapp merupakan inovasi dari Direktorat Keimigrasian, Kementerian Hukum dan HAM dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat terkait dalam pengurusan administrasi keimigrasian. 

"Perkembangan teknologi saat ini hampir seluruh masyarakat sudah memiliki telepon seluler yang dilengkapi dengan aplikasi seperti Whatsapp. Jadi, pengurusan paspor lebih mudah dengan gunakan aplikasi tersebut" tuturnya.

Dengan menggunakan layanan antrean paspor lewat Whatsapp ini masyarakat yang ingin membuat paspor baru atau perpanjang paspor dengan mudah hanya dapat mendaftarkan diri dengan cara mengirim pesan ke nomor Whatsapp Imigrasi Bogor, yakni 08111100333.

Adapun tata cara dalam melakukan pendaftaran hanya dengan mengirimkan data diri pemohon paspor dengan mengetik #NAMA#TGLLahir#TglKedatangan. "Contohnya seperti; #Lukman#24051988#17082017 lalu kirim ke nomor 08111100333," jelas Herman.

Untuk keterangan lebih lanjut ia menjelaskan setelah mendaftarkan diri, akan ada balasan dari pihak Imigrasi berupa nomor barcode yang berupa kode booking. Nomor yang diperoleh tersebut direplay atau dibalas kembali. Untuk selanjutnya pemohon akan mendapatkan nomor antrian, sekaligus dengan jadwal yang telah ditentukan untuk mendatangi langsung ke kantor Imigrasi. "Jadi dengan menggunakan layanan ini, akan ada kepastian waktu dan kepastian terlayani bagi masyarakat. Tidak perlu lagi harus menunggu teralalu ama dan antri panjang. Cukup daftar di rumah sambil santai dengan menggunakan aplikasi ‘Whatsapp’ lalu datang sesuai jadwal yang dikirimkan," kata Herman.

Herman juga menegaskan bahwa layanan antrean paspor via Whatsapp ini juga dapat mencegah adanya calon atau joki. Karena, bagi pendaftar wajib menggunakan nomor pribadinya. Dengan nantinya akan memperoleh Kode booking, pada saat mendaftar pemohon harus memperlihatkan kode tersebut kepada petugas saat datang ke Kantor Imigrasi.

Bagi pemohon paspor wajib datang 30 menit sebelum jadwal yang sudah ditentukan. Jika pemohon datang terlambat pada jadwal yang telah ditentukan secara otomatis kode booking yang sudah didapat akan hangus. "Jika nomor kode booking yang telah diberikan hangus, silahkan pemohon dapat mendaftar ulang kembali," tegasnya.

Ia menerangkan bagi pemohon yang persyaratannya masih tidak lengkap akan dikembalikan (ditolak), pemohon juga wajib membawa dokumen asli. Dan memastikan semua data diri pada dokumen identik dan sama. "Untuk paspor yang sudah rusak atau hilang tidak dapat diajukan via Whatsapp," ucap Herman.

Abdul Kadir yang merupakan salah satu pemohon pengurusan paspor dari Bogor, bahwa dirinya merasa adanya kemudahan dengan pendaftaran melalui via Whatsapp. "Jadi sudah ada kepastian waktu, berbeda pada sebelumnya diberlakukan aplikasi ini. Kita harus menunggu lama dan antre panjang untuk dapat mengurus paspor," ungkapnya.

0 Response to "Pengurusan Paspor Lebih Mudah Via Whatsapp"