Latest News

Paspor Dan Visa Beres, Calhaj DIY Siap Berangkat

Paspor dan visa beres, Sempat terjadi keterlambatan waktu dalam pengurusan paspor dan visa haji, Namun, saat ini sudah lega karena pengurursan paspor dan visa calon jemaah haji (calhaj) akhirnya selesai diproses. Calhaj Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang jumlah jamaah hajinya sebanyak 3.189 orang. Mereka siap diberangkatkan ke tanah suci dengan melalui Bandara Adisumarmo Solo.

Paspor Dan Visa Beres, Calhaj DIY Siap Berangkat

Kepala Seksi  Sistem Informasi Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DIY yakni Imam Khoiri memaparkan bahwa paspor dan visa beres jadi sudah dapat dibagikan oleh calhaj pada saat satu hari jelang keberangkatan atau paling telatnya pada saat jemaah haji sudah masuk ke asrama haji Donohudan Solo Jawa Tengah. Kemudian bersamaan dengan itu pula akan dibagikan living cost kepada setiap jemaah haji sebesar 1500 real, dokumen administrasi ibadah haji, gelang identitas cajhaj dan gelang berkode batang kepada setiap calhaj.

“Pada pekan kemarin memang benar masih ada dua kloter lagi yang paspor dan visa hajinya belum juga selesai namun saat ini lega, paspor dan visa haji beres,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, kepada calhaj DIY sudah diwanti-wanti untuk tidak membawa barang yang berlebihan. Namun, selain itu ada juga yang perlu diketahui apabila ada calhaj yang membawa obat kuat atau rokok sudah dipastikan akan bermasalah saat dilakukan pemeriksaan  barang oleh otoritas di bandara pemberangkatan haji. Jika benar kedapatan membawa barang tersebut, pihak dari sana akan melakukan penyitaan sementara.

Sepulang dari tanah suci usai menunaikan ibadah haji, barang baru bisa diambil,” tuturnya.

Ditempat terpisah, Dari Kepala Kanwil Kemenag DIY yakni Lutfi Hamid menerangkan, dari seluruh total 3.189 calhaj DIY, dengan rincian sebanyak 1.171 di antaranya adalah laki-laki dan 1.317 perempuan. Calhaj DIY pada musin haji tahun ini terbagi dalam sembilan kelompok terbang (kloter) yakni Kloter 23 SOC sampai Kloter 31 SOC.

Sedangkan waktu untuk masuk asrama haji Donohudan dimulai pada Kamis 3 Agustus 2017 hingga Sabtu 5 Agustus 2017. Kemudian untuk penerbangan pertama akan dilakukan oleh jemaah haji Kloter 23 SOC asal dari Kabupaten Gunung Kidul pada Jumat 4 Agustus 2017 pukul 05.00 WIB dengan menggunakan pesawat GA 6032, yang diperkirakan tiba di Bandara AMAA Madinah pada Jumat, 4 Agustus 2017 pukul 13.45 WAS dan diakhiri oleh Kloter 31 SOC asal Kabupaten Kulon Progo dan sebagaian kecil dari Kabupaten Gunung Kidul, Bantul dan Kota Yogyakarta pada Minggu 6 Agustus 2017 pukul 13.45 WIB dengan menggunakan pesawat GA 6006 yang diperkirakan tiba di Bandara AMAA Madinah pada Minggu, 6 Agustus 2017 pukul 21.30 WAS.

0 Response to "Paspor Dan Visa Beres, Calhaj DIY Siap Berangkat"