Latest News

Akibat Tidak Serahkan Paspor ke Muassasah

Akibat tidak serahkan paspor, Untuk yang kesekian kalinya urusan paspor dan imigrasi terjadi lagi di hari terakhir pergeseran jemaah haji dari Madinah ke Makkah kemarin, pada 20 Agustus 2017. Mereka merupakan dua jemaah haji dari kloter 46 Embarkasi Solo (SOC 46) tertunda keberangkatannya. Saat ini, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Madinah sedang melakukan upaya untuk menangani hal itu.

Akibat Tidak Serahkan Paspor ke Muassasah

Kepala Daker Madinah yakni Amin Handoyo mengatakan, bahwa paspor 2 jemaah haji tersebut seharusnya sudah diserahkan ke muassasah (penyelenggara haji Saudi) setelah menuntaskan urusan imigrasi di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah, namun paspor tersebut malah dibawa sendiri. Akibat tidak serahkan paspor mereka tidak diproses atau diinput oleh muassasah ke dalam sistem e-Hajj.

"Kami akan usahakan segera selesai dan nanti akan diberangkatkan ke Makkah dengan menggunakan mobil kami, itulah akibat tidak serahkan paspor ke muassasah," terang Amin di kantor Daker Madinah.

Seluruh jemaah haji diberangkatkan ke Makkah dengan menggunakan bus. Mereka akan transit di Bir Ali untuk miqat, dimana harus berniat melaksanakan umrah atau haji dan berihram.

Masalah yang terkait dengan paspor sudah terjadi sejak pemberangkatan pertama pada Sabtu, 6 Agustus. Bukan hanya jemaah saja, petugas pun juga sempat tertunda keberangkatannya menuju ke Makkah gara-gara paspor. Padahal hal-hal yang terkait dengan paspor sudah diingatkan berulang kali baik melalui ketua rombongan maupun jemaah haji secara langsung.

Ada sebanyak 16 jemaah, jelas Amin, yang sebelumnya juga pernah bermasalah dengan paspornya, diberangkatkan ke Makkah dengan diikutkan bus jemaah Batam dan Solo hari ini. Namun justru terdapat 2 jemaah dari kloter Solo yang seharusnya berangkat malah mengalami masalah yang serupa terkait dengan paspor.

Total jemaah Indonesia yang mendarat di Madinah berjumlah kurang lebih sebanyak 102 ribu orang. Sesuai dengan jadwal, mereka digeser ke Makkah dalam 2 minggu terakhir. Para jemaah haji akan bergabung dengan jemaah haji lainnya yang mendarat di Jeddah dan akan berkumpul di Padang Arafah untuk mengikuti puncak haji yang diperkirakan jatuh pada akhir bulan ini. 

0 Response to "Akibat Tidak Serahkan Paspor ke Muassasah"