Latest News

Visa Haji Gelombang Pertama Telah Terbit

Visa haji gelombang pertama, Kementerian Agama (kemenag) memastikan bahwa visa jemaah haji gelombang pertama sudah ada sebanyak 102.663 jemaah telah terbit. Mereka akan segera diberangkatkan. "Visa jemaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang pertama sudah selesai semua. Ada sebanyak 102.663 jumlah total keseluruhan jamaah haji untuk gelombang pertama, selain itu, visanya juga sudah diterbitkan oleh Kedutaan Besar Saudi Arabia (KBSA)," terang Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji M Sofwan.

Visa Haji Gelombang Pertama Telah Terbit

Setelah visa haji gelombang pertama telah terbit dengan jadwal kloter pertama jemaah haji Indonesia akan mulai diberangkatkan secara bertahap dengan melalui 13 embarkasi di Indonesia. Sedangkan untuk keberangkatan gelombang pertama jemaah haji akan dimulai pada 28 Juli-11 Agustus 2017, dan disusul gelombang kedua pada 12-26 Agustus 2017.

Shofwan menuturkan, hingga hari jum’at kemarin, visa haji gelombang pertama yang  telah diterbitkan oleh KBSA telah mencapai 108.275. Dengan angka tersebut masih diperkirakan akan terus bertambah mengingat paspor yang sudah berada di Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI untuk diproses visanya di KBSA sudah mencapai 191.838. 

"Kami masih mengurusnya secara bertahap mengirim paspor dan pemaketan layanan jemaah yang sudah siap ke KBSA untuk segera diterbitkan visa hajinya. Dari yang sudah berjalan hingga saat ini, rata-rata dalam satu hari proses penerbitan visa bisa mencapai sebanyak 10.000," paparnya.

Shofwan merasa optimis sekali bahwa dalam pengurusan visa pada tahun ini akan terus berjalan lancar dan seluruhnya akan terbit sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. "Saya sangat berharap selama pengurusan visa berjalan lancar dan tidak ada persoalan atau permasalahan terkait dengan visa yang harus dialami jemaah haji," ungkapnya.

Dengan total keseluruhan kuota jemaah haji Indonesia pada tahun ini sudah ada sebanyak 221.000, yang terdiri dari 204.000 jemaah haji reguler dan 17.000 jemaah haji khusus. Ia juga mengungkapkan bahwa dari sekitar 108.000 visa yang ada pada saat ini, beberapa diantaranya masih ada sekitar 96.000 visa jemaah yang masih dalam proses.

"Namun tidak masalah karena masih ada cukup waktu dan semoga semuanya lancar dan sesuai dengan harapan," kata Shofwan.

"Saat nanti  jelang keberangkatan jamaah haji, kami juga akan memastikan persiapan, khususnya untuk lima kloter pertama di seluruh embarkasi sudah fix semua, sehingga tidak ada kursi yang kosong dan seluruh jemaah siap untuk diberangkatkan," jelasnya. 

Pada gelombang pertama, jemaah haji akan terbang menuju Madinah Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah Arba’in, dimana jama’ah haji mengejar keutamaan shalat wajib 40 waktu tanpa putus di masjid Nabawi selama 8-9 hari. Setelah melaksanakan ibadah Arba’in para jemaah secara bertahap akan diberangkatkan menuju ke Makkah untuk menjalani proses ibadah haji. 

Lalu, untuk gelombang kedua akan terbang menuju Jeddah lalu ke Makkah. Setelah itu baru mereka kembali diberangkatkan ke Madinah setelah usai menjalani ibadah haji. Menurut UU No 13 tahun 2008, Penyelengaraan haji adalah tugas nasional. Negara memberikan jaminan yakni 3 layanan bagi jemaah haji resmi seperti dalam hal pembinaan, pelayanan, dan perlindungan

0 Response to "Visa Haji Gelombang Pertama Telah Terbit"