Latest News

KPHI Belum Peroleh Jadwal Pemvisaan Kemenag

KPHI belum peroleh Jadwal, Komisioner Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) yakni Syamsul Maarif menuturkan hingga kini belum juga mendapatkan jadwal pemvisaan bagi jamaah Arab Saudi dari Kementrian Agama (Kemenag). "Kami hanya baru mendapatkan kabar bahwa pemvisaan akan dimulai pada hari kerja kemarin, pada hari Senin 3 Juli 2017 usai libur panjang lebaran," terang dia.

KPHI Belum Peroleh Jadwal Pemvisaan Kemenag

‘Masalah yang terjadi pada dua tahun terakhir ini soal pemvisaan tidak terulang kembali seperti molornya proses pemvisaan hingga berdampak pada penundaan keberangkatan jamaah. Seharusnya dari Kemenag dapat menjadikan sebuah pelajaran dan pengalaman pada dua tahun lalu terakhir ini, apalagi dengan bertambahnykuota jamaah haji baik kembali pada tahun 2017 ini seperti semula beserta dengan kuota tambahan. KPIH belum peroleh jadwal pemvisaan kemenag,”harap Saymsul.

"Sudah seharusnya pihak Kemenag saling berkomunikasi secara intens baik dengan Kedubes (Kedutaan Besar) Arab Saudi maupun Kementerian Luar Negeri yang berada di Arab Saudi, agar mengenai proses pemvisaan dapat berjalan dengan lancar dan dapat diselesaikan dalam waktu dekat ini, namun sangat disayangkan KPHI belum peroleh jawdal mengenai hal tersebut" papar Syamsul.

Selain dengan persoalan KPHI belum proleh jadwal pemvisaan, KPHI terakhir kali telah melakukan pemantauan dalam proses seleksi petugas haji. Beberapa catatan yang sudah ada untuk petugas haji tahun ini adalah semakin berkurangnya jumlah petugas haji padahal jumlah jamaah sudah semakin banyak.

Dengan berkurangnya petugas haji tahun ini KPHI berharap tidak mempengaruhi pelayanan jamaah haji. Sehingga masalah yang terjadi dapat diminimalisir dengan baik. KPHI juga memberikan saran, untuk tahun depan yang akan datang, untuk jumlah petugas haji dapat ditingkatkan lagi. Sehingga presentase yang ada antara jumlah jamaah dan jumlah petugas lebih seimbang. 

Menurut informasi yang sudah diperoleh dari KPHI, masalah kewenangan untuk kuota jumlah petugas ada pada pemerintah Arab Saudi. Tetapi sudah seharusnya Kemenag dapat melobi Saudi untuk menambah petugas haji. 

Menurut dia, Kemenag kurang berusaha untuk masalah petugas ini. Ini merupakan catatan dan kemenag dapat melakukan kajian untuk haji di tahun yang akan.

0 Response to "KPHI Belum Peroleh Jadwal Pemvisaan Kemenag"