Latest News

Kemenag Riau Telah Setor Paspor Sejumlah 1.678

Kemenag Riau telah setor paspor, Dari pihak Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau mengungkapkan, telah mengirim sebanyak 1.678 paspor milik Jamaah Calon Haji (JCH) dari beberapa daerah untuk dapat terbitkan visa haji. "Sudah ada sekitar empat kloter (kelompok terbang), paspor yang telah kita kirim ke Jakarta untuk segera diproses," jelas Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Provinsi Riau yakni Erizon Effendi.

Kemenag Riau Telah Setor Paspor Sejumlah 1.678

Disampaikan oleh Erizon, bahwa Kemenag Riau telah setor paspor sejumlah 1.678. Untuk ke-4 kloter tersebut dari total sembilan kloter telah penuh berisi jamaah dari Riau, dan empat kloter merupakan gabungan bersama tiga provinsi lain yang melalui embarkasi haji Batam. JCH dari provinsi tersebut terbagi dalam 13 kloter dengan kuota berjumlah 5.030 orang. Mulai dari kloter dua hingga 10, lalu kloter gabungan yang telah terisi jamaah Kepulauan Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat pada kloter 16,17,18 dan juga kloter 25.

Untuk mengenai penerbitan visa haji langsung dikeluarkan oleh Kedutaan Arab Saudi yang dilakukan secara bertahap, setelah pihak kedutaan menerima paspor dari pusat yakni Kemenag untuk dapat diterbitkan. Erizon memaparkan, bahwa pihaknya Kemenag Riau telah setor paspor, berharap untuk segera diterbitkan visa haji dari 12 kabupaten/kota di Riau sejumlah 3.186 paspor.

"Jadi, jumlah papor yang kita kirim baru 1.678 paspor. Sedangkan yang sudah mengirimkan paspornya pada kita sudah ada sebanyak 3.186 jemaah atau telah terkumpul 92 persen," ungkapnya.

Plt Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag yakni Nur Syam menuturkan, bahwa saat ini pihaknya masih dalam proses mengurus paspor milik ribuan jamaah haji Indonesia. Dia memamparkan, pihakanya selalu menekankan kepada masing-masing kepala kantor wilayah Kemenag tingkat provinsi agar urusan paspor haji untuk segera diselesaikan secepatnya.

"Saya telah memperoleh laporan mengenai paspor, hingga kini sudah dekati angka 50 persen. Dalam waktu dekat ini harapan saya dalam pengurusan paspor ini bisa secepatnya diselesaikan," tuturnya.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR yakni Iskan Qolba Lubis menerangkan, bahwa pihak dari pemerintah Arab Saudi itu sendiri sudah menerapkan prosedur e-hajj berbasis aplikasi elektronik dalam melakukan proses penerbitan visa yang berbasis digital. Dia sangat berharap, jangan sampai masalah keterlambatan visa kembali terjadi seperti musim haji pada tahun lalu.

Menurutnya, dalam proses pengurusan visa harus sesuai dengan urutan kloter. "Jadi nanti Kemenag harus lebih teliti, sebab dalam penulisan nama sering terjadi kesalahan dan kekeliruan. Jangan sampai sudah mau berangkat, tapi visanya belum ada," jelasnya.

0 Response to "Kemenag Riau Telah Setor Paspor Sejumlah 1.678"