Latest News

Pencegahan Travel Haji ‘Nakal’ Oleh Kepolisian London Dengan Kampanye

Pencegahan Travel Haji ‘Nakal’, Kepolisian London, Inggris, meluncurkan kampanye dengan tujuan untuk membantu mencegah penipuan perjalanan ibadah haji. Untuk ibadah haji tahun ini, haji akan dimulai pada tanggal 30 Agustus. Ada sekitar 25 ribu Muslim Inggris yang akan mengikuti haji 2017. Polisi Kota London nantinya akan bergabung dengan organisasi travel haji untuk memastikan para calon jamaah haji (calhaj) yang telah membayar dan mendapatkan fasilitas penerbangan dan akomodasi yang sudah sesuai dengan apa yang mereka pesan.

Pencegahan Travel Haji ‘Nakal’ Oleh Kepolisian London Dengan Kampanye

Telegraph telah melaporkan bahwa ada lebih 125 juta Poundsterling yang digunakan untuk biaya penyelenggaraan haji set?iap tahunnya di Inggris. Melihat dengan besarnya antusias Muslim Inggris yang berangkat haji, beberapa travel 'nakal' mencoba untuk mengambil keuntungan. Terkadang ada juga jamaah yang tertipu oleh travel. Sehingga kepolisian London lakukan kampanye untuk pencegahan travel haji ‘Nakal’. Karena dengan harga yang cukup tinggi mereka hanya mendapatkan fasilitas haji yang tidak sama dengan perjanjian di awal. Misalnya saja menggunakan hotel dengan fasilitas yang di bawah standard hingga penerbangan yang tidak pasti. 

Travel yang melakukan penipuan tersebut biasanya dengan cara menawarkan harga ?50 persen lebih murah dari travel lainnya. Sayangnya hanya 3 persen saja jamaah haji Inggris yang melaporkan hal tersebut ke kepolisian karena telah menjadi korban penipuan travel 'nakal'. Perlu ada tindakan pencegahan travel haji ‘Nakal’.

Menurut pemimpin komunitas Muslim Inggris, banyaknya jumlah korban yang terlalu takut atau malu untuk melaporkan penipuan tersebut. Kepolisian London akan mengunjungi Bandara Heathrow, Gatwick, Stansted dan Birmingham untuk meningkatkan kesadaran mereka dalam pencegahan penggunaan travel 'Nakal'.

Selain itu, kepolisian juga akan memberikan imbauan di masjid-masjid di London. Kampanye ini telah didukung oleh British Council of Hajjis (CBHUK), asosiasi travel Abta dan Atol, serta sebuah skema yang dibuat untuk perlindungan finansial dari Otoritas Penerbangan Sipil. Kepala Polisi Kota London yakni Dave Clark mengatakan bahwa banyaknya jumlah Muslim yang menabung selama bertahun-tahun agar dapat melaksanakan ibadah haji  ke Tanah Suci.

"Sayangnya, penipu sangat sering melakukan hal itu dengan cara menjadikan warga yang tidak mengetahui apa-apa untuk sebagai korban. Mereka meninggalkan para korbannya itu tanpa memberikan penerbangan atau akomodasi selama perjalanan," ujarnya.

Oleh Sebab itu, dia mendesak kepada warga yang hendak berhaji agar lebih cermat dan berhati-hati? dalam memeriksa keaslian penawaran dan agen travel yang akan digunakan. Apabila terlalu bagus dan menggunakan harga yang super murah di bawah normal maka dari itu patut untuk diwaspadai.

Clark juga mengimbau kepada masyarakat untuk memastikan travel yang dipilih berada di bawah naungan skema Atol untuk melindungi jamaah dari kerugian apabila travel bangkrut. Masyarakat juga diingatkan tidak membayar biaya haji dengan uang tunai. Harus ada konfirmasi tertulis yang menyatakan bahwa calhaj telah melakukan pelunasan biaya hajinya.

0 Response to "Pencegahan Travel Haji ‘Nakal’ Oleh Kepolisian London Dengan Kampanye"