Latest News

Bagaimana Sejarah Timbulnya Paspor

Bagaimana Sejarah Timbulnya PasporSejarah munculnya Paspor diperkirakan sudah ada sejak tahun 450 SM, salah satu rekomendasi yang dianggap mewakili keberadaan paspor ditemukan dalam sebuah kitab suci yaitu Nehemia 2 : 7-9 dijelaskan Nehemia perwakilan dari King Artaxerxes I dari Kekaisaran Persia, menginstruksikan Nehemia untuk pergi ke Yudea dan Raja menyampaikan sebuah surat kepada "pemimpin diseberang sungai" yang memohon jaminan keselamatan bagi Nehemia selama menjelajahi daerah Yudea.

Sumber lain juga mengatakan bahwa Pemakaian Surat perjalanan pertama kali dalam sejarah diperkirakan pada zaman Holy land tahun 450 SM, semasa itu Raja Kekaisaran Persia mengangkat seorang Babylonia bernama Nehemia sebagai Gubernur baru Palestina. Nehemiah meminta dan dikabulkan yaitu surat untuk keamanan dalam perjalanan sebagai pelindung dirinya. Itulah catatan permintaan pertama kali dari surat perjalanan, yang kemudian dikenal dengan nama Paspor hingga saat ini. Penggunaan surat keterangan diri atau paspor juga ada dimasa Kerajaan Raja Firaun di Mesir bertakhta.

Pada masa Kepemimpinan Islam, paspor digunakan dalam bentuk Bara'a yaitu berupa tanda untuk pembayaran pajak, hanya mereka yang membayar zakat (muslim) dan Jizya (non muslim) yang diperbolehkankan untuk bepergian ke daerah lain dalam kepemimpinanan . oleh sebab itu bara'a dikenal juga sebagai paspor perjalanan.

Sebutan kata paspor sendiri berasal dari Sea Port (pelabuhan laut). Di Eropa abad pertengahan, dokumen itu dikeluarkan bagi wisatawan oleh pemimpin setempat, dan biasannya berisi daftar kota di mana pemilik dokumen diperbolehkan lewat.

Raja Henry V dari Inggris dipercaya sebagai pembuat apa yang saat ini kita anggap sebagai paspor. Paspor digunakan untuk menunjukkan identitas pemiliknya di negeri lain. Paspor jenis pertama mencakup uraian pemegang paspor. Pemasangan foto pada paspor dimulai sejak abad ke-20 ketika fotografi semakin meluas.

Diakhir abad ke 19 hingga menjelang perang dunia ke I, paspor tidak terlalu diperlukan dalam perjalanan internasional di Eropa dan lintas batas sangat mudah sehingga sedikit orang yang menggunakan paspor.

Pada tahun 1920 kelompok negara-negara mengadakan konferensi yang berhubungan dengan paspor dan tiket masuk. Petunjuk paspor dihasilkan dari konferensi tersebut yang diikuti dengan konferensi pada tahun 1926 dan 1927.

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melangsungkan konferensi pada tahun 1963, tetapi tidak menghasilkan petunjuk paspor dari konferensi tersebut, dan baru pada tahun 1980 standarisasi paspor terbentuk dibawah dukungan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional atau ICAO (Internasional Civil Aviation Organization).

0 Response to "Bagaimana Sejarah Timbulnya Paspor"