Latest News

Apa saja Jenis-jenis paspor

Apa saja Jenis-jenis paspor  Yang Berlaku di Indonesia, Fungsi dari paspor-pun berbeda-beda tergantung dari jenisnya, nah apa saja jenis paspor sih? Ketahui terlebih dahulu Jenis-jenis Paspor Yang Ada Di Indonesia jika Anda ingin membuat paspor.



Apa saja Jenis-jenis paspor


PASPOR BIASA

Biasanya suatu negara membuatkankan untuk warga negaranya sebuah paspor biasa untuk perjalanan reguler. Di Indonesia paspor ini dikemasan sampul berwarna hijau dan dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Keimigrasian, Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia .


PASPOR DIPLOMATIK

Untuk beberapa orang dibuatkan paspor diplomatik guna mengenali mereka sebagai perwakilan diplomatik dari negara asalnya. Karena itu, pemilik paspor ini dapat menikmati beberapa kemudahan perlakuan dan kekuatan di negara tempat mereka dikirim untuk bertugas. Di Indonesia, paspor ini diberi kemasan berwarna hitam dan dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri.


PASPOR DINAS / RESMI

Paspor ini dibuatkan untuk kalangan teknisi dan petugas administrasi dari suatu misi diplomatik seperti kedutaan ataupun bagi pegawai negeri atau pemerintah yang sedang melakukan tugas ke luar negeri. Pemilik paspor jenis ini mendapatkan beberapa kemudahan yang tidak dimiliki oleh pemilik paspor biasa. Di Indonesia, paspor ini diberi sampul berwarna biru dan diterbitkan oleh Departemen Luar Negeri setelah mendapat izin dari Sekretariat Negara.


PASPOR ORANG ASING

Paspor orang asing ialah paspor yang diberikan kepada seseorang yang bukan warga negaranya. Syarat dan ketentuan untuk memiliki paspor jenis ini diatur oleh setiap negara. Contoh paspor ini ialah paspor yang dipakai untuk berhaji (paspor berwarna coklat), yang diciptakankan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.


PASPOR KELOMPOK

Paspor kelompok akan diberikan untuk perjalanan dalam bentuk berkelompok, misalnya, seperti kelompok perjalanan liburan anak kuliahan. Semua anak dalam perjalanan tersebut cukup memiliki sebuah paspor kelompok selama perjalanan liburan mereka berlangsung.


PASPOR HAJI DAN UMRAH


Paspor khusus jamaah haji dan umrah, dan nama yang tertera dalam paspor tersebut harus menggunakan 3 kata misalnya "Hendro Sapoetro Soeparman".


0 Response to "Apa saja Jenis-jenis paspor"